Pustaka Keliling ke TK ‘Aisyiyah Sukarame

Hari Kamis, 6 Februari 2019, tim LiterASIh diundang berkunjung ke TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal, Sukarame, Bandar Lampung, sebuah amal usaha Muhammadiyah yang dibina oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah, Sukarame, Bandar Lampung. Siswa di TK ‘Aisyiyah yang baru berdiri ini berjumlah 16 orang. Saat tim LiterASIh hadir, terdapat dua orang siswa yang tidak masuk karena sakit.

Kali ini tim LiterASIh yang hadir adalah Kak Asih, Kak Harits, Kak Jejen, dan Kak Nur. Dalam kunjungan tersebut, tim LiterASIh membawa kontainer berisi 30-an eksemplar buku anak-anak untuk dibaca di lingkungan sekolah. Terdapat dua orang guru yang menyambut, seorang wali murid yang mendampingi anaknya, dan dua orang dari pengurus ‘Aisyiyah. Sebelumnya, tim LiterASIh sudah diberitahu bahwa pembelajaran di TK pada pekan ini adalah tentang profesi.

Selanjutnya, Kak Asih membuka acara, memberikan pengantar dengan senam huruf Hijaiyah. Anak-anak terlihat senang dan semangat karena berusaha menirukan bentuk-bentuk huruf Hijaiyah dengan gerakan badan. Terdapat seorang anak yang menangis karena melihat Kak Nur memakai jas putih. Dikiranya, Kak Nur adalah dokter yang akan menyuntik, padahal bukan hehehehe.

Setelah anak-anak selesai senam, Kak Harits mulai mendongeng tentang musang dan ayam, juga kisah gagak dan angsa. Sesekali Kak Asih dan Kak Jejen menimpali agar suasana cerita lebih dramatis.

Selesai acara dongeng, Kak Nur mulai tampil mengenalkan profesi yang menggunakan jas putih tapi bukan dokter, yaitu apoteker. Berangkat dari kisah yang diceritakan Kak Harits tentang ayam yang terluka dan gagak yang sakit perut, Kak Nur mengajak anak-anak bermain peran: ada yang jadi anak sakit, ada yang berperan sebagai perawat, dokter, dan apoteker. Kak Nur menjelaskan bahwa apoteker adalah teman dokter. Teman-teman bisa menjumpai apoteker saat membeli obat di apotek. Kak Nur juga memperagakan cara membuat obat dan minum obat yang benar.

Acara pengenalan profesi sudah selesai. Anak-anak mulai membuka kontainer buku dan mengambil buku yang menarik perhatian mereka. Terdapat beberapa buku tentang profesi seperti tentara, pilot, palaentolog, ahli obat, dan dokter. Buku hanya boleh dibaca di sekolah; tidak diperkenankan dibawa pulang. Kontainer akan ditinggal di sekolah selama dua minggu, lalu diputar lagi untuk keliling ke sekolah lain. Acara ditutup dengan foto bersama.

Yang menyenangkan dari hari ini adalah melihat wajah-wajah ceria para anak TK yang lucu dan lugu. Yang menegangkan dari hari ini adalah saat naik mobil dan dikemudikan oleh Kak Jejen yang sudah tiga tahunan tidak menyentuh setir mobil. Sempat rem mendadak dan macet-macet saat pindah gigi. Syukurlah mobil Kak Asih tetap aman dan mulus setelah dikendarai oleh Kak Jejen dan Kak Nur. Alhamdulillaah, selamat pergi, selamat kembali 🙂

2 thoughts on “Pustaka Keliling ke TK ‘Aisyiyah Sukarame”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *